TUGAS I GRAFIK KOMPUTER
3KA19
Anggota:
1. Azanita Brilliani (11114912)
2. Efa Rostyaningsih (13114406)
3. Hanifah Fadila (14114760)
4. Laylita Farhana (16114011)
5. Wulan Tria Purwanti (1C114333)
Perbandingan Pembuatan Kartun Doraemon 2D dan Film ‘Stand
By Me Doraemon’ dengan CGI (3D)
1. Pembuatan
Kartun Animasi Doraemon 2D
a. Pengertian
Animasi 2 Dimensi
Animasi 2D
adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini
digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut
animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang yang digerakan satu persatu
sehingga nampak seperti nyata dan bergerak.
Animasi 2D hanya
bisa dilihat dari depan saja. Animasi sendiri
berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat.
Sedangkan karakternya adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang
dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi secara
dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup,
disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan.
Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
b. Teknik
Animasi 2D
1.
Cell Technique (Film Animasi Teknik
Sel)
Teknik cell ini merupakan teknik dasar pembuatan film animasi
klasik. Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang tembus
pandang/sel (cell). Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah
dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background)
dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja.
2.
Teknik
Bayangan
Pada teknik bayangan figur
setiap adegan dibuat dengan mempergunakan lempengan karton atau kulit. Media
tersebut digunting sesuai karakter figurnya. Tokoh yang ditampilkan biasanya
tampak samping agar karakternya terlihat jelas. Efek siluet yang ditimbulkan
dari sorotan lampu di belakang layar ke objek figur tersebut menjadikan kesan
tersendiri saat ditonton. Jika media tersebut dijauhkan dari layar akan
terlihat membesar dan jika ditempelkan ke layar akan terlihat ukuran media yang
sebenarnya.
3.
Teknik Computing 2D
Animasi dua dimensi setelah perkembangan teknologi komputer di era
delapan puluhan juga merasakan imbasnya. Yang sangat signifikan dirasakan
adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi
sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu
personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat
dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik manual, setiap
detail kesalahan terkadang harus diulang kembali dari awal.Keunggulan lainnya
adalah dalam penggandaan objek animasi.
c. Kelebihan
dan Kekurangan Animasi 2 Dimensi
Kelebihan animasi ini adalah lebih mudah dalam
membuat. Kita hanya tinggal menggambar per gambar kunci (keyframe) yang
dijadikan sebagai patokan adegan, kemudian kita gambar pergerakannya.
Sedangkan kekurangannya cukup jelas, yakni kita
harus menggambar semua adegan dalam animasi. Misalkan kita buat animasi 5 detik
dengan kecepatan 12 frame per second (gambar per detik), maka kita perlu
menggambar sebanyak 60 gambar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.
d. Contoh
Pembuatan Animasi Doraemon 2D
1.
Menggunakan
Paint
2. Pembuatan
Kartun Animasi Doraemon dengan CGI (3D)
a. Pengertian
Animasi dengan teknik CGI
Computer Generated Imagery (juga dikenal dengan CGI)
adalah aplikasi pada bidang komputer grafik atau secara lebih khusus, grafik
komputer 3 dimensi (3D) untuk efek khusus pada film, acara televisi, iklan,
simulator dan simulasi pada umumnya, dan media cetak.
Perangkat lunak komputer seperti Max 3D, dan Blender
sumber terbuka, Light Wave 3D, Maya dan Autodesk Softimage digunakan untuk
membuat gambar berdasar komputer untuk film, dsb. Keberadaan perangkat CGI
terbaru dan peningkatan kecepatan komputer telah memungkinkan artis
perseorangan dan perusahaan kecil untuk menghasilkan film bertaraf profesional,
mainan, dan seni murni dari komputer rumah mereka. Hal ini telah membawa
tentang bagian budaya Internet dengan rangkaian sendiri dari selebriti dunia,
klise, dan kosakata teknis. Simulator, khususnya simulator penerbangan, dan
simulasi pada umumnya, membuat penggunaan lebih luas pada teknik CGI untuk
mewakili Dunia Luar (The Outside World).
b. Sejarah
CGI di dunia perfilman
Pada tahun 1976, film Futureworld yang merupakan
sequel dari film Westworld, mengawali penggunaan CGI 3D untuk menganimasikan
tangan dan wajah. Film laris Star Wars, pada tahun 1977 juga menggunakan
teknologi CGI 3D untuk scene DeathStar, dan pada tahun 1978, untuk kali
pertamanya dibuat film yang menggunakan teknologi CGI secara keseluruhan, yaitu
The Works (film ini tidak pernah selesai).
Teknologi CGI berhasil memukau publik melalui film
Jurassic Park karya Stephen Spielberg pada tahun 1993. Atas kecanggihan
penggunaan CGI 3D pada visualisasi dinosaurus, film ini menjadi box office dan
memenangi 3 piala Oscar, yang salah satunya untuk kategori Visual Effect.
Dengan berkembangnya teknologi komputer dan
software, pada tahun-tahun berikutnya teknologi CGI 3D digunakan dengan lebih
fantastis. Film-film box office yang tercatat menggunakan teknologi CGI ini
adalah Terminator, Harry Potter, The Lord
of The Rings, Spiderman, King Kong, The Dark Knight, Iron Man, Transformer, dan
The Curious Case of Benjamin Button.
c. Kelebihan
dan Kekurangan penggunaan CGI(3D)
Kelebihan animasi ini adalah waktu yang lebih cepat.
Kita hanya buat model, gerakkan, render menjadi sebuah video animasi. Lebih
mudah dan cepat.
Tetapi animasi ini juga memiliki
kelemahan/kekurangan. Yakni kita harus memiliki komputer dengan spesifikasi
yang tinggi agar dapat menghasilkan gambar yang ciamik. Selain itu, harga
software pembuat animasi ini juga terlalu mahal, di harga puluhan juta. Tetapi
kini sudah tersedia software pembuat animasi ini dengan harga Rp 0, yakni
Blender yang membuat animasi jadi mudah dan murah tapi bukan murahan.
d. Proses
Pembuatan Film “Stand By Me Doraemon”







Tidak ada komentar:
Posting Komentar